Tanggal 28 November pagi kegiatan di kantor berjalan Normal. Tidak ada yang di luar kebiasaan. Menjelang jam 10:30 saya menuju bis kampus untuk berangkat ke JCC untuk mengikuti GR (Gladi Resik) dalam acara Wisuda Binus ke 39.
Bis berangkat menuju ke JCC. Tak berapa lama setelah bis berangkat, mendadak ada telepon membaritahukan bahwa database tidak bisa diakses (error). Pikiran saya langsung tertuju ke SAN yang sedang ditambahkan Hardisk. Benar saja, SAN yang berisi beberapa data (database, data email (mailbox)) mengalami error. Hal ini mengakibatkan data yang disimpan dalam SAN tersebut tidak bisa dibaca.
Saya sudah terlanjur berangkat ke JCC dan waktunya sudah tidak memungkinkan lagi untuk kembali ke kantor. Akhirnya teman kantor menghubungi teknisi SAN untuk mengetahui apa yang terjadi.
Di JCC sendiri pikiran saya tidak tenang, karena kasus ini. Sampai dengan jam 16:30, acara GR selesai, saya langsung balik ke kantor.
Tindakan cepat saya ambil. Restore semua database dari hasil backup. Dari banyak database yang di restore sebagian ukurannya kecil-kecil. Setelah selesai restore, saya lanjutkan untuk cek aplikasi (Web) yang terhubung ke database tersebut. Satu persatu seluruh aplikasi dicek dan jalan normal kembali.
Sampai dengan jam 22:00 pengecekan aplikasi dan database yang mengalami kerusakan hardware di SAN telah selesai dan berjalan normal kembali. Database terpaksa di restore di server local karena tidak ada server lain lagi yang bisa menampung (Sebelumnya ada di SAN).
Database selesai, tidak begitu dengan mailbox (Exchange server). Ukuran mailbox yang besar membuat restorenya berjalan lama dan lambat. Diperkirakan restore seluruh mailbox memakan waktu 3-4 hari.
Menjelang jam 01:00 akhirnya saya pulang terlebih dahulu, karena besok pagi harus berangkat pagi-pagi lagi untuk mengikuti acara wisuda (sebagai panitia).
Bis berangkat menuju ke JCC. Tak berapa lama setelah bis berangkat, mendadak ada telepon membaritahukan bahwa database tidak bisa diakses (error). Pikiran saya langsung tertuju ke SAN yang sedang ditambahkan Hardisk. Benar saja, SAN yang berisi beberapa data (database, data email (mailbox)) mengalami error. Hal ini mengakibatkan data yang disimpan dalam SAN tersebut tidak bisa dibaca.
Saya sudah terlanjur berangkat ke JCC dan waktunya sudah tidak memungkinkan lagi untuk kembali ke kantor. Akhirnya teman kantor menghubungi teknisi SAN untuk mengetahui apa yang terjadi.
Di JCC sendiri pikiran saya tidak tenang, karena kasus ini. Sampai dengan jam 16:30, acara GR selesai, saya langsung balik ke kantor.
Tindakan cepat saya ambil. Restore semua database dari hasil backup. Dari banyak database yang di restore sebagian ukurannya kecil-kecil. Setelah selesai restore, saya lanjutkan untuk cek aplikasi (Web) yang terhubung ke database tersebut. Satu persatu seluruh aplikasi dicek dan jalan normal kembali.
Sampai dengan jam 22:00 pengecekan aplikasi dan database yang mengalami kerusakan hardware di SAN telah selesai dan berjalan normal kembali. Database terpaksa di restore di server local karena tidak ada server lain lagi yang bisa menampung (Sebelumnya ada di SAN).
Database selesai, tidak begitu dengan mailbox (Exchange server). Ukuran mailbox yang besar membuat restorenya berjalan lama dan lambat. Diperkirakan restore seluruh mailbox memakan waktu 3-4 hari.
Menjelang jam 01:00 akhirnya saya pulang terlebih dahulu, karena besok pagi harus berangkat pagi-pagi lagi untuk mengikuti acara wisuda (sebagai panitia).
No comments:
Post a Comment